Translate

Selasa, 21 Januari 2014

Cake Labu Kuning (Pumpkin Bread)

Seneng banget dapet satu resep lagi yang bahan utamanya menggunakan labu kuning. Sebelumnya sudah pernah buat donat labu kuning disini dan roti labu kuning di sini. Waktu liat bahan dan cara pembuatannya yang simpel di Simply Recipes yang ternyata sudah dicoba juga di dapurnya mbak Hesti dan mbak Endang, langsung deh mantap meng-eksekusi labu yang sudah seminggu nganggur di kulkas.

Cake ini disebut Pumpkin bread di resep aslinya karena kalau di luar negeri cake yang menggunakan baking soda/powder lalu ditaruh diloyang loaf disebutnya bread, quick bread lebih tepatnya. Padahal sih aslinya ya cake.

Cake ini bener-bener ajaib lo, padahal aku sudah panggang selama lima menit saat aku melihat 2 butir telur teronggok di meja, yang artinya adonan yang kupanggang belum ku kasih telur, waaaa.....!. Dengan cepat aku keluarkan adonan dari oven, terus adonannya kutuang diwadah, kuberi telur dan kuaduk asal rata, lalu kutuangkan ke loyang dan kupanggang kembali. Aku sudah harap-harap cemas bolak-balik liat dari kaca oven, sambil komat-kamit berdoa semoga cake-nya ga gagal. Daaannnn.....Alhamdulillah cake-nya mengembang dan matang sempurna seperti ga ada kejadian apa-apa. Lucunya yang tadinya almond slices dan kismis yang aku tabur diatas adonan sebagai topping, akhirnya berubah menjadi filling karena teraduk waktu  nyampurin  telur yang ketinngalan tadi hihihi....



  

Aroma kayu manis harum semerbak saat aku keluarkan cake ini, bikin ga tahan untuk nyobain, Una aja tergoda, sampe intip-intip cake yang baru ditaruh di atas meja hihihi..... Ternyata memang enak sekaleeee.....renyah di luar tapi lembut didalam...hmmmm pokoknya harus coba deh.


Ayo-ayo bikin cake labu kuning ini, manfaat untuk kesehatannya dapet, enaknya juga dapet bangettt ^_^





Ini resepnya

Cake Labu kuning (Pumpkin Bread)
source: simply recipes
modified by me

Bahan-bahan:
200 gr terigu serba guna
200 gr gula pasir kublender halus
240 gr labu kuning, kukus, haluskan
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt baking soda
1 sdt garam
120 ml minyak goreng kualitas baik
60 ml air
1 sdm bubuk kayu manis

Topping (optional)
kismis
almond slices

Cara Pembuatan:
1. Siapkan loyang loaf atau loyang persegi biasa oles dengan margarin, lalu taburi tipis tepung terigu. Sisihkan.
2. Ayak Terigu dan baking soda di wadah lalu masukkan gula dan garam. Aduk rata.



3. Diwadah lain campur telur (di tahap ini aku lupa masukin telur), minyak, air, kayu manis dan labu kuning halus. Aduk rata.


4. Masukkan adonan cair ke adonan terigu, aduk asal rata, jangan over mix.


5. Tuangkan ke dalam loyang lalu panggang selama 50 menit dengan suhu 180' C hingga matang (tes tusuk dengan lidi).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...