Translate

Rabu, 27 November 2013

Pumpkin donuts a.k.a Donat labu kuning

Tergiur dengan tampilan donat labu kuning di blog mbak Ricke yang menul-menul, akupun memantapkan hati untuk membuat donat dengan bahan yang sarat gizi  itu.

Memang adonannya, pada awalnya akan terasa lembek dan lengket, tapi pada tahap pengulenan sampai kalis elastis, adonan walaupun tetap lembek tapi tidak terlalu lengket lagi, jadi jangan tergoda untuk menambah terigu terus menerus, karena hasil donat anda dipastikan akan keras, lapisi tipis saja kedua telapak tangan kita agar adonan tidak menempel di tangan.

Aku mengikuti gaya mbak Ricke yang nggak mencetak adonan, tapi membentuknya bulat, lalu pada saat akan digoreng tengahnya dilubangi dengan sumpit. Jadi lebih simpel, ga pake acara gilas menggilas, juga ga meninggalkan banyak sisa cetakan yang mubadzir untuk di buang tapi malas untuk digunakan lagi.

Rasa donat ini memang benar-benar superrrr enakkkknya. Teksturnya lembuuut dan empuk bangettt, apalagi makannya hangat-hangat, serasa makan kapas, uempukk, beneran deh. Dimakan pake taburan gula halus, yummmmy!

Pumpkin Donuts
source: blog mbak Ricke

Bahan-bahan
150 gr labu kuning kukus (berat setelah dikukus tanpa kulit) haluskan
200 gr terigu protein tinggi (cakra kembar)
100 gr terigu protein sedang (segitiga)
20 gr susu bubuk
6  gr ragi instant (2sdt)
30 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla
2 kuning telur
50 ml air/susu cair dingin (sesuaikan dengan keadaan adonan)
30 gr butter/margarin
1/2 sdt garam

Cara membuat

1. Campurkan terigu,susu bubuk, ragi instan dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan vanilla dan kuning telur dan labu kuning halus, aduk rata. Masukkan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis (tidak lengkat dan terlalu lembek). Hentikan penambahan susu cair jika adonan sudah kalis.

2. Masukkan margarin dan garam, uleni kembali hingga tercampur rata. Pindahkan adonan ke meja kerja yang ditaburi sedikit terigu. Uleni hingga kalis elastis,bulatkan adonan. Masukkan ke wadah. Tutup dengan plastik wrap/serbet lembab. Diamkan 20-30 menit.

3. Kempiskan adonan, uleni kembali sebentar biar halus lagi. Timbang masing-masing 30gr. Bulatkan kemudian pipihkan masing-masing adonan, letakkan di loyang yang di taburi terigu tipis. Lakukan hingga habis. Tutup dengan plastik wrap agar adonan tidak kering. Diamkan 15-20 menit

4. Panaskan penggorengan dengan api sedang, kemudian kecilkan api. Lubangi bagian tengah donat dengan sumpit lalu goreng sambil diputar-putar tengahnya pakai sumpit, balik sekali. Angkat.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...