Translate

Selasa, 17 Desember 2013

Spiral Curry Puffs (Karipap Pusing) dengan Step by Step Pembuatannya

Spiral curry puff atau yang  lebih dikenal sebagai karipap pusing atau epok-epok pusing adalah sejenis makanan yang populer di Malaysia dan Singapura. Mirip-mirip pastel sih tapi karipap kulitnya berlapis lapis dan renyah sekali. Nah, tadi pagi saat blog walking ke tempat mbak vivi, aku  bener-bener mupeng ngeliat karipap pusingnya yang cantik banget. Layer-layernya terlihat sekali...hmmm langsung deh ancang-ancang untuk mempraktekkan resepnya hehehe....

Sebenarnya, aku sebelumnya sudah pernah membuat tarcis di sini yang mirip dengan karipap ini, hasil kulitnya sama-sama renyah dan berlapis-lapis, hanya saja tarcis bentuknya bulat. Tapi aku merasa tarcis yang pernah kubuat lapisannya tidak sebanyak  dan terlihat sejelas seperti penampakan karipap pusingnya mbak vivi, jadi aku merasa perlu untuk mencoba resep ini dan berharap bisa mendapatkan hasil yang sama seperti karipapnya mbak vivi yang keren.

Langsung deh aku meluncur ke dapur untuk membuat isian karipap-nya dengan gerak cepat (mumpung Una dan Ruby lagi asyik main). Isiannya sama seperti isian pastel yang sudah pernah kuposting sebelumnya di sini, hanya saja kubuat lebih pedas (suamiku suka pedas) dengan menambahkan cincangan cabe rawit dan tidak memakai wortel jadi hanya kentang.

Akhirnya setelah anak-anak kutidurkan untuk tidur siang, aku mulai bergerilya di dapur. Dengan berbekal pengalaman dalam membuat tarcis sebelumnya, aku tidak merasa ada kesulitan dalam proses pembuatan karipap ini dan alhamdulillah aku dapat mendokumentasikan step-step proses pembuatannya walaupun agak kesulitan karena aku sendiri yang ambil fotonya.


Aku merasa puas sekali dengan hasilnya. Teksturnya lebih berlapis-lapis dari tarcis yang kubuat dulu, yaaaah walaupun masih jauhlah di bandingkan tampilan karipapnya mbak vivi yang bagus itu. Memang beda sih hasil yang profesional sama yang amatiran hehehe....Tapi next pasti bisa lebih baik lagi.


Bangun tidur Una langsung nyamperin sepiring karipap yang masih asyik difoto-foto sama mamanya. Tapi kasihan karena isiannya pedas jadi yang dimakan cuma kulitnya aja sama Una dan Ruby, sisa isiannya ya mamanya yang ngabisin xixixi.....



Spiral Curry Puff atau Karipap Pusing 

Bahan A:
100 gr mentega putih
50 gr margarin
300 gr tepung terigu

Bahan B:
700 gr tepung terigu
1 sdt garam
50 gr margarin
350 ml air

Cara Pembuatan :


1. Campur bahan A hingga kalis, bulatkan. Begitu juga bahan B, tutup lalu diamkan selama kurleb 15 menit.
2. Bagi empat baik adonan A maupun B, lalu pipihkan adonan B isi dengan adonan A, tutup rapat.
3. Gilas perlahan-lahan (jangan menggilas terlalu keras agar adonan A tidak keluar) sampai cukup tipis.
4. Gulung dengan rapi.
5. Letakkan gulungan secara vertikal.
6. Gilas kembali gulungan tadi hingga cukup tipis.
7. Gulung kembali dengan rapi.
8. Potong-potong dengan ketebalan kurleb 1 cm menggunakan pisau yang tajam agar tidak merusak lapisan adonan.
9. Gilas perlahan (taburi tepung sedikit dipermukaan meja juga adonan agar tidak lengket),jangan terlalu tipis.
10. Masukkan isi di tengah.
11. Lipat dengan perlahan.
12. Rapatkan pinggirannya lalu pilin dengan rapi.



Aku tadi cuma bikin setengah resep, jadi sekitar 10 karipap besar, dan 14 karipap sedang, total 24 karipap. Sebagian di goreng matang untuk langsung dimakan, sebagian lagi di goreng setengah matang lalu di masukkan freezer untuk persediaan.



5 komentar :

  1. Mba Mel,
    cantik karipapnya...aku juga pernah buat tapi lapisannya ga secantik karipap mba Mel..pilinannya apalagi rapi banget mba..
    mba tambah telur rebus enak mba buat isinya..jadi mirip epok2 yang dijual di nagoya..he he

    BalasHapus
  2. Mbak sy coba bikin kog detail layerny gak keliatan y hbs digoreng,pdahal wktu msh digilas nmpak layerny.bagi tips dong mb...mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah...maaf komen mbak keselip hihi..br bs jwb stelah bbrp bln lmnya...pas nggoreng disiram siramkan minyaknya ke karipapnya..insyaallah layernya terlihat, yuk coba lg..

      Hapus
  3. Maaf yg adonan A itu diuleninya ga pake tambahan air lagi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Trizki, tanpa tambahan air ya, ttp kalis n nyatu kok adonannya, asal takarannya sesuai dg resep😊

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...