Translate

Selasa, 26 November 2013

Tarcis a.k.a Fried Tart a.k.a Epok-epok bunga mawar

Terus terang sebelumnya aku belum pernah memakan atau bahkan melihat kue yang satu ini.

Aku ingat waktu itu aku bawa pastel ke rumah kakakku, yang tidak jauh dari rumahku. Katanya sih pastel bikinanku enak, tapi dia bilang kalau tetangga depan rumahnya pandai bikin epok-epok(sebutan pastel di Batam) yang bentuknya bulat dan kulitnya berlapis-lapis, isiannya pakai ayam dan kentang bumbu kari, dan kakakku bilang rasanya enak banget. Dia juga pernah lihat pembuatannya dan itu ribet banget.

Hmmm saat itu juga aku bertekat untuk tau dan bisa membuat yang katanya namanya epok-epok bunga mawar itu.

Dengan mengandalkan google, akhirnya kutemukan juga kue yang mirip, tapi namanya beda, karena dengan nama epok-epok bunga mawar, tidak banyak hasil dari blog lokal yang kudapat, malah banyak sekali pembahasan mengenai kue ini dari blog asal Malaysia dan Singapura, kulitnya sih berlapis, isiannya juga kari, tapi bentuknya kayak pastel biasa, namanya karipap pusing atau epok-epok pusing. Hmmm dah mulai putus asa nih, sampai akhirnya secara tidak sengaja saat berkunjung di blog-nya mbak Camelia yang keren, disitu ada kue bernama tarcis yang bentuknya sama persis dengan yang digambarkan kakakku. Berakhirlah sudah pencarianku.

Ternyata memang pembuatannya beda jauh dengan pastel biasa. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra. Yang biasanya bikin pastel pake cetakan jadi ga ribet dengan acara memilin pinggirannya, tidak dengan tarcis, kita harus memilin pinggirannya manual alias dengan tangan, karena memang ga ada cetakannya.

Tapi semuanya terbayar dengan pandangan takjub kakakku, saat kubawa hasil tarcis perdana hasil jerih payahku ke rumahnya, dia bilang "Ya, ini yang namanya epok-epok bunga mawar, kok kamu bisa Tis?". Ya bisa dong hehehe......

Memang rasa tarcis ini jadi lebih istimewa dari pastel biasa, karena kulitnya yang begitu renyah saat di gigit, emmm..mirip mirip kulit pastry gitu deh. Kalau isiannya sih ya hampir sama dengan pastel biasa.

 Ini dia resepnya, kalau mau lebih jelas untuk cara pembuatannya bisa langsung meluncur ke blog mbak Camelia aja ya....

TARCIS ( a. k. a FRIED TART) ALA MOM ELLY
by Mom Elly

Bahan Isi : (bisa disesuaikan dengan keinginan dan ketersediaan bahan)

100 gr daging giling/cincang halus
350 gr kentang  potong kotak kecil, kukus
125 gr wortel
1/2 kaleng kacang polong
3 batang daun bawang iris halus
2 batang seledri
sedikit gula dan bumbu penyedap
kaldu sapi bubuk secukupnya
margarine dan 2-3 sdm minyak goreng, untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan :
1/2 sdm merica butiran
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1/2 cm jahe
sedikit buah pala
1/2 sdm garam halus

Bahan lain :
Minyak untuk menggoreng
Sambal botolan

Caranya :
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan campuran minyak dan margarin hingga harum, lalu masukkan daging giling/cincang. Masak hingga berubah warna, kemudian masukkan bawang bombay, daun bawang dan seledri. Aduk hingga bawang bombay layu. Bubuhkan sendikit gula/penyedap dan kaldu bubuk. Masukkan kentang, wortel dan kacang polong. Ber larutan maizena. Masak sebentar, angkat dan dinginkan.

Bahan Kulit :

Adonan A :
125 gr tepung terigu
100 gr margarine

Adonan B :
375 gr tepung terigu
100 ml minyak sayur
200 - 300 ml air dingin (sesuaikan dengan kebutuhan)
1/2 sdm garam
1 sdm gula

Caranya :

  • Adonan A : Campur semua bahan adonan A hingga menjadi adonan yang menyatu dan dapat di pulung. Sisihkan.
  • Adonan B : Dalam wadah, masukkan tepung, minyak sayur dan gula dan garam dengan sedikit air. Sambil diuleni, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis.
  • Bagi adonan A dan adonan B menjadi bulatan dengan jumlah yang sama (misalnya, adonan A ada 20, maka adonan B juga 20, sepasang gitu lhooo...).
  • Untuk 1 buah tarcis, ambil 1 bulatan adonan B, letakkan bulatan adonan A diatasnya, tutup. Lalu giling memanjang. Gulung. Putar kearah atas (90 derajat) lalu giling lagi, gulung (2 kali gulung yaaa). Belah menjadi dua. Ambil satu, lalu di giling tipis membulat. Giling yang sebelah lagi.
  • Ambil satu bagian kulit (ingat ya, yang kelihatan "swirl" nya disebelah luar), beri isi, lalu tutup dengan bagian kulit yang satu lagi. Bentuk pinggirannya (good luck deeh...*hihihi*).
  • Goreng dengan minyak panas, api sedang hingga kuning kecoklatan.
Selamat ber-renyah-ria yaaa...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...