Translate

Senin, 25 November 2013

Putu ayu nostalgia

Sama halnya dengan bolu kukus, putu ayu juga salah satu jajanan pasar favoritku. Rasanya yang manis dan gurih dari parutan kelapa, buat ngiler hanya dengan membayangkannya saja. Bener-bener aku niatin beli cetakannya, karena aku pingin banget bisa merasakan putu ayu yang se-mirip mungkin dengan putu ayu yang sering kumakan di kampung halamanku dulu waktu aku masih kecil.



Aku mendapatkan resep ini dari blog mbak Nina, selain bahannya simpel hasilnya juga enak lo,yaaah walaupun hasilnya ga secantik punya mbak nina, tapi yang pentingkan rasanya hehehe....menghibur diri...
Saat memakan putu ayu ini jadi keinget masa kecilku dulu.....hmmmm.....ennnnaaakkkk....

Putu Ayu
source: catatan nina

Bahan-bahan:
250 gr tepung terigu (aku pakai segitga)
200 gr gula pasir (pilih yg butirannya kecil biar cpt larut)
3 butir telur
1 sdt emulsifier (aku pakai sp)
100 ml air/air kelapa (aku pakai air kelapa)
1-2 sdt pasta pandan
1/2 kelapa parut
sejumput garam

Cara pembuatan:
  1. Campur kelapa parut dengan sejumput garam, kukus selama 10 menit, angkat.
  2. Siapkan Cetakan putu ayu, poles tipis dengan minyak, sisihkan.
  3. tata kelapa parut di dasar cetakan sambil dipadatkan, lakukan hingga habis.
  4. kocok telur, gula dan emulsifier hingga benar-benar kental.
  5. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.
  6. setelah buih-buih di adonan berkurang, masukkan terigu, kocok rata.(kocok dg kec rendah)
  7. masukkan pasta pandan, aduk rata.
  8. masukkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh.
  9. kukus kurleb 15 menit dengan api sedang.( kukusannya panaskan trlbih dahulu ya, dan tutupnya di lapisi serbet bersih)
  10. angkat, keluarkan dari cetakan.







Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...