Translate

Senin, 25 November 2013

Roti sobek jumbo dan Roti gulung isi abon

Setelah cukup menguasai cara pembuatan roti, dengan hasil yang cukup memuaskan...menurutku dan keluargaku....hehehe.... Sekarang membuat roti sudah menjadi kegiatan yang rutin kulakukan, hampir 2-3 kali dalam seminggu, secara aku dan keluargaku adalah pemakan roti yang aktif hehehe......

Sebenarnya kunci dari suksesnya roti yang kita hasilkan adalah proses pengulenan adonan hingga KALIS ELASTIS. Memang jika tidak menggunakan mixer heavy duty, membuat adonan untuk menjadi kalis elastis tidaklah mudah, tapi bukannya tidak bisa. Contohnya aku, aku hanya menggunakan hand mixer biasa,dengan mata yang spiral, itupun hanya bisa dengan kecepatan paling rendah karena mesinnya akan cepat panas, setelahnya aku uleni dan banting-banting dengan tangan di meja sampai adonan terasa lebih lembut dan seratnya memanjang, dan saat kita bisa rentangkan adonannya sampai benar-benar transparan tanpa robek, itulah yang disebut kalis elastis. Roti yang dihasilkan dijamin empuk dan tidak bantat.




Roti ini kubuat dengan menggunakan resep roti dengan water roux, yang sebelumnya sudah ku posting di sini, hanya saja aku malas membentuk adonan rotinya, jadi ku bentuklah jadi roti sobek jumbo, yang kuisi dengan meises dan keju, juga roti gulung isi abon yang permukaannya ku taburi daun bawang dan sosis yang ku potong-potong kecil..hmmm lumayan menghemat waktu kan? karena ga gampang harus membentuk-bentuk adonan roti dengan banyak gangguan dari dua krucilku yang aktif banget hihi....



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...