Translate

Senin, 10 November 2014

Donat Empuk

Donat ini istimewa lo, resepnya terinspirasi dari donat buatan tetanggaku. Terigunya cuma pake terigu serbaguna dan tanpa labu kuning atau kentang dalam adonannya, tapi hasilnya selain rasanya enak, donatnya-pun lembut dan empuk banget, empuknya tahan sampai keesokan harinya. 

Karena takaran tetanggaku pake jurus kira-kira, jadi aku lakukan percobaan dengan mempraktekkan pembuatan donat empuk ini dengan bahan yang bu Ani beritahu, lalu kutimbang sehingga pasti takarannya. Alhamdulillah hasilnya memuaskan banget, dan kelebihan resep dengan ukuran pasti adalah hasil yang konsisten, tidak seperti jurus kira-kira yang hasil akhirnya berubah-ubah.

 
Bikin donat empuk ini yuk, cara pembuatannya juga mudah kok, dan dapur tetap bersih karena dalam pembuatannya aku diajarin bu Ani untuk menggunakan minyak goreng untuk mengolesi tangan kita dalam membentuk adonan juga melapisi loyang, bukan pake tepung terigu seperti yang  biasa kulakukan, sehingga dapur kita tidak kotor denga sisa terigu yang berserakan di mana-mana. Saat menggoreng-pun minyak tetap bersih hingga akhir, karena tidak ada terigu dari loyang yang menempel diadonan yang ikut tergoreng yang membuat minyak jadi kotor.


Donat empuk
Bahan-bahan:
300 gr terigu serbaguna (segitiga biru)
40 gr gula pasir (yang butirannya kecil)
2 sdm susu full cream
2 sdt (kurleb 8 gr)ragi instan
1 sdt SP (cake emulsifier)
1 kuning telur
200 ml air dingin
30 gr margarin
1/2 sdt garam

Taburan:
gula halus secukupnya

Cara pembuatan:
1. Campur terigu, gula, ragi instan, susu full cream, aduk rata.
2. Masukkan kuning telur dan SP, lalu masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni, stop pemberian air jika adonan sudah kalis.
3. Masukkan garam dan margarin, uleni kembali hingga adonan kalis kembali dan teksturnya-pun jadi halus dan elastis.
4. Bulatkan lalu taruh diwadah yang sudah dioles tipis minyak, tutup dengan serbet bersih, biarkan selama 30 menit.
5. Setelah 30 menit buka tutupnya lalu kempiskan dan uleni kembali sebentar saja adonan donat didalam wadahnya.
6. Olesi kedua tangan kita dengan minyak goreng, lalu ambil sedikit adonan yang ada di wadah dengan cara mencubitnya sebesar yang kita inginkan, lalu bulatkan dengan cara menarik-narik semua sisi adonan ke tengah berulang ulang lalu balik dan agak tekan adonan agar sedikit pipih. Letakkan diatas loyang yang telah dioles tipis minyak goreng, lakukan hingga habis.Tutup loyang dengan serbet bersih, diamkan selama 30 menit.
7. Panaskan minyak dengan api sedang, kemudian kecilkan api. Sebelum di goreng, lubangi tengah adonan dengan sumpit, lalu saat digoreng putar-putar lubang donat dengan sumpit hingga terbentuk lubang bulat. Tunggu hingga satu sisi kuning kecoklatan, balik lalu tunggu hingga sisi satunya lagi juga kuning kecoklatan, cukup satu kali balik saja.Angkat, tiriskan.
8. Taburi dengan gula donat, siap disantap.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...