Translate

Minggu, 09 November 2014

Choux Pastry (Kue Soes)


Assalamualaikum,..... akhirnya ngeblog lagi, setelah sekian lama break hehehe...... Dan ini dia....taraaa!.....soes menul-menul yang lezat menggoda. Alhamdulillah setelah melalui serangkaian kegagalan, akhirnya bisa juga bikin soes yang ngembang cantik dan gak kimpes lagi setelah keluar oven. Untuk vlanya juga dah nemuin resep yang pas, rasanya enak dan gak eneg. Kami sekeluarga suka:)

Insyaallah bakal sukses deh, kalau semua step-step pembuatan, baik kulit soes atau vla-nya dibuat sesuai yang sudah kutulis di bawah ini.

Resep kulitnya kuambil dari blog mbak Ricke, kalo vla-nya ini yang aku lupa nyomot dari blog siapa hehehe....

Kulit Kue Soes
Bahan:
200 ml air
100 gr margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
75 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4), kocok lepas

Cara pembuatan:
1. Taruh air, garam, gula dan margarin di dalam panci,lalu masak hingga semua larut dan mendidih, matikan kompor.
2. Masukkan  terigu yang telah diayak, lalu aduk cepat, hidupkan kembali kompor dengan api kecil, aduk-aduk adonan hingga kalis(tidak menempel/lengket di panci lagi) kurleb 3-4 menit, matikan kompor, biarkan sampai adonan benar-benar dingin.
3. Pindahkan ke wadah yang lebih besar, masukkan telur sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah. Jika adonan sudah cukup lembut untuk bisa di spuit, hentikan pemberian telur. Matikan mixer.
4.Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga, gunakan spuit yang agak besar, semprotkan melingkar sambil agak ditarik ke atas sebanyak tiga putaran diloyang yang sudah dioles tipis margarin (jgn terlalu banyak mengoles agar adonan tidak bergeser), beri jarak karena adonan akan mengembang 2x lipat.(bisa juga disemprotkan ke cetakan mini pie yang dioles tipis margarin sepertiku)
5. Panggang di dalam  oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 200' C, selama 45-60 menit hingga buih-buih di adonan menghilang, berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan dari oven.(jangan buka-buka pintu oven hingga buih-buih di adonan menghilang)

Vla Vanilla
Bahan:
350 ml susu cair
30  gr maizena 
1 kuning telur
75 gr gula pasir
1/2 sdt pasta susu  la'rome (jangan di skip, ini yg bikin rasanya spesial-->bs di beli di toko bahan kue)
1/2 sdm mentega/ margarin

Cara Pembuatan:
1. larutkan mizena  dengan 150 ml susu  cair, lalu masukkan kuning telur,aduk rata, sisihkan.
2. Panaskan dipanci, 200 ml susu cair dan gula, aduk-aduk hingga gula larut, saat mendidih langsung matikan kompor, tunggu hingga agak dingin.
3. Masukkan larutan maizena ke dalam adonan vla di panci, langsung aduk cepat sampai tercampur rata, hidupkan kembali kompor sambil terus aduk agar vla tidak bergerindil, hingga vla mulai mengental dan meletup-letup, matikan kompor.
4. Masukkan pasta susu, aduk rata.
5. Masukkan mentega,aduk-aduk agak lama sampai vla mulai dingin agar mendapatkan vla yang licin dan  mengkilap. Setelah dingin, masukkan ke dalam plastik  segitiga.

Penyelesaian
Gunting sedikit pinggir kulit soes atau belah dua, lalu semprotkan vla ke tengahnya


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...