Translate

Selasa, 11 Maret 2014

Banana Sponge Cake

Kue pisang memang gak pernah ngebosenin, resepnya juga beragam, aku sudah coba beberapa dengan muffin  method (mencampurkan bahan kering dengan basah) dan creaming method (mengocok mentega dengan gula hingga creamy), tapi kalo pake resep dengan sponge method atau disebut juga egg-foam method (mengocok telur  dan gula hingga mengembang) belum pernah. Karena itu kemarin malam sepulang kerja memang sengaja beli pisang untuk bikin banana sponge cake.

Alhamdulillah nemu resep yang ok dari food blogger negara tetangga, Wen's Delight. Katanya resep ini adalah resep kue pisang favoritnya. Hmm...dilihat dari penampakannya sih emang meyakinkan. Okay deh, langsung meluncur ke dapur.


Pertamanya agak ragu, apa bisa telur dan gula bisa mengembang dengan baik saat dikocok dengan adanya  campuran pisang tanpa menambahkan emulsifier. Tapi setelah sekitar 20 menit dikocok dengan kecepatan tinggi, ternyata adonannya bisa kaku juga, dan semuanya berjalan lancar, hingga adonan matang nan harum semerbak dikeluarkan dari oven.

Memang teksturnya sudah pasti beda dengan hasil dari metode lainnya. Banana cake yang dihasilkan  so spongy dan soft. Kalau rasa, semua banana cake yang pernah  kubuat enak semuanya hohoho..... (PD abis)

Ini resepnya bagi yang mau buat:

1 resep dibawah untuk 2 loyang kue bulat diameter 20, untuk hasil 1 loyang buat saja 1/2 resep

Banana Sponge Cake

Bahan-bahan:
5 butir telur ayam yang ukuran besar (aku 6 telur ukuran sedang)
250 gula pasir  dengan butiran halus
350-400 gr pisang lumatkan dengan garpu (aku pake pisang mas)
300 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
200 ml minyak sayur (aku pake minyak goreng)

Cara pembuatan:
1. Siapkan 2 loyang yang sudah dioles margarin dan dialas kertas roti lalu oles lagi, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180'C.
2. Ayak di wadah, terigu, baking powder dan baking soda, lalu aduk rata, sisihkan.
3. Kocok gula, telur dan pisang lumat dengan kecepatan tinggi selama kurleb 15-20 menit hingga kaku.
4. Masukkan campuran terigu sambil diayak kedalam adonan telur, lalu aduk balik perlahan hingga rata.
5. Masukkan minyak goreng, aduk balik kembali perlahan hingga rata----yg sabar ya jgn keburu-buru jangan undermix atau overmix nanti adonan bantat, pastikan minyak tercampur dan tidak ada yang mengendap.
6. Masukkan kedalam loyang, lalu panggang kurleb 40-45 menit tergantung kondisi oven  masing-masing hingga adonan matang. Tes tusuk dengan lidi. Keluarkan adonan, tunggu hingga adonan  dingin dulu baru dipotong.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...