Translate

Rabu, 05 Februari 2014

Pudding Chocolate Mousse

Ini adalah puding pertama yang pernah kubuat. Resepnya kuambil dari blog mbak Rieke.

Memang selama ini kalau aku atau anak-anak dan suami pingin puding ya tinggal beli aja yang instan, selain cepat, banyak pilihan, enak lagi. Jadi gak pernah terbersit sedikitpun untuk bikin puding sendiri.

Tapi aku bener-bener tergoda untuk mau beribet-ribet ria membuat puding ini, karena penampakan teksturnya yang kliatan lembuuut banget, juga dari deskripsi dari mbak Rieke tentang puding ini yang katanya enak, lembutt dan lumerr dimulut.

Ternyata, memang sesuatu yang membutuhkan usaha ekstra, hasilnya lebih memuaskan. Terbukti dari puding ini yang alhamdulilah berhasil aku buat. Rasanya enak, nyoklat dan creammy banget, lembutnya membelai lidah. Gak perlu waktu lama Ruby sudah menghabiskan 3 cup puding, kalau Una 1 1/2 cup. Jangan ditanya kalau emaknya deh hehehe.....abis ennakkk sih ^_^



Memang puding ini rasa dan teksturnya berbeda dari puding biasa karena puding ini sebenarnya adalah perpaduan dari puding dan chocolate mousse.


Kunci keberhasilan pembuatan puding ini adalah waktu. Kita harus gerak cepat dalam pembuatannya sehingga adonan puding tidak menunggu lama dan berubah menjadi puding (menggumpal)  sebelum proses pembuatan selesai.


Ini dia resepnya:

Pudding Chocolate Mousse
source: blog mbak Rieke

Bahan-bahan:
400 ml susu cair tawar ---->aku pake ultramilk
50 gr gula pasir
1 1/2 sdt ato 2 sdt bubuk aga-agar kalau mau lebih padat
15 gr coklat bubuk----->pake merk bendico
100 gr dark cooking chocolate di potong kecil-kecil----->pake collata
2 kuning telur dikocok lepas
100  gr whipping cream bubuk---->pake haan
200 ml air es

Cara Pembuatan:
1. Kocok air es dan whipping cream bubuk dengan mixer hingga mengembang lembut, simpan di kulkas.
2. Masak susu cair, gula dan coklat bubuk, sambil terus diaduk hingga mendidih. Masukkan dark cooking chocolate, aduk hingga larut dan rata. Matikan api.
3. Aduk-aduk agak lama hingga uap panasnya keluar, lalu masukkan 1 sendok sayur kedalam kocokan kuning telur, aduk cepat dan rata. Lalu tuang kembli ke panci adonan, aduk cepat, kalau ada dengan whisk biar rata.
4. Masukkan adonan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan whipping cream, aduk rata.(kalau aku, kumixer sampai lembut dan rata, karena waktu kuaduk biasa jadi agak bergerindil).
5. Masukkan ke cup plastik, bekukan dalam kulkas. Bisa diberi garnish whipping cream kocok dan coklat bubuk seperti di  gambar.





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...