Translate

Minggu, 05 Januari 2014

Banana Bread

Waktu malam minggu kemarin, aku dapat oleh-oleh pisang dari kakak iparnya kak Michelle. Aku sudah berniat bikin banana bread hari minggu paginya karena tertarik waktu intip blog mbak Rieke, eeh si Una ngerengek minta pisang, datang kakaknya ikutan minta pisang, akupun jadi kepingin, kumakan-lah pisangnya. Alhasil pisangnya tinggal 3 buah aja hehehe......

Karena tetep menggebu-gebu pingin bikin banana bread, akupun pergi ke pasar beli pisang yang sudah empuk dan matang sekali, alhamdulillah dapat pisang raja yang menurutku sudah pas tingkat kematangannya, dikasih harga murah lagi sama tukang buahnya. Asyikkkk...akhirnya jadi bikin banana bread-nya.


Bikinnya asli gampang, pakai muffin method yang menyatukan campuran bahan basah ke campuran bahan kering. Sebelumnya aku sudah pernah membuat banana chocolate cake dengan metode ini di sini. Sebenarnya gak tau kenapa diberi nama banana bread instead of banana cake, emmmm mungkin karena teksturnya ya yang padat berongga, atau apapun itu, males mikirnya hehehe.....


Bikinnya sih gampang dan cepet banget, tapi manggangnya lumayan lama, sampai 1 jam gitu baru matang. Pas sudah matang, belum sedikitpun kucicipi, aku, suami dan anak-anakku keburu pergi ke water park, nikmatin hari terakhir liburan. Baru pulangnya sekitar jam 6.30 malam aku bisa foto-foto, karena itu fotonya agak buram dan gelap, juga terkesan seadanya, abis dah capek renang tadi sama anak-anak.
 

Rasanya enak dan mengenyangkan, cocok banget buat ganjel perut dikala lapar^_^. Pagi tadi banana bread ini kubuat untuk sarapan suamiku dan Ruby. Aku dan Una juga tadi makan, malah ga terhitung berapa potong, kombinasi antara doyan dan lapar hehehe...... Ini resepnya bagi yang mau coba.

Banana Bread
source: Rieke's blog

1 3/4 cups(230 gr) tepung serbaguna(aku pakai segitiga biru)
1/2  cups (100 gr) gula pasir
1/4 cups (30 gr) gula aren(aku pake gula palem/palm suiker)----kalau gak ada tambahkan gula pasirnya 30 gr
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
1/4 garam
2 butir telur ukuran besar(aku pakai 3 krn telurnya gak trlalu besar)
1/2 cups (113 gr) butter, lelehkan, biarkan hingga suhu ruang (aku pakai margarin)
3 buah pisang ambon/cavendish matang (sekitar 450 gr) hancurkan dengan garpu.(aku pakai pisang raja)
1 sdt vanilla essence

Garnish (optional)
potongan pisang
parutan keju

Cara pembuatan

1. Panaskan oven 180'celcius, siapkan loyang loaf oles margarin lalu taburi tipis terigu, sisihkan.


2. lelehkan margarin dengan api kecil (harus masih tampak keruh, jgn sampai sudah transparan, agar daya ikatnya baik), sisihkan hingga suhu ruang.
3. Tempatkan di wadah yang agak besar ayakan terigu,baking powder,baking soda dan garam, lalu tambahkan gula palem dan gula pasir, aduk rata, sisihkan.


4. Dalam wadah lain campur pisang, telur, margarin leleh dan vanilla essence, aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung, aduk dengan spatula cukup hanya sampai bercampur saja, tidak perlu sampai halus dan lembut.

5. Tuang ke dalam loyang, beri  parutan keju lalu tata irisan pisang diatasnya.
6. panggang selama 60 menit (tergantung oven masing-masing) sampai kecoklatan dan matang (tes tusuk ya dengan tusuk gigi)

















Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...