Translate

Rabu, 13 November 2013

Vanilla cupcake with orange buttercream

Saat aku masih liburan di Banyuwangi, setelah Buttercake perdana ku yang sukses, tentu aku gak berhenti sampai di situ, penasaran bikin kue yang lain. Jatuhlan pilihanku ke cupcake, si kue imut di dalam cup. Aku dapatkan resepnya masih dari Sajian Sedap, yang ku modif sana sini menyesuaikan dengan keinginan dan bahan yang ada.

Dengan semangat '45, aku membuat si cupcake ini, berbekal cup case yang aku beli cuma dua lusin dari warung deket rumah, daaaan hasilnyaaaaaa.....GATOT!....alias gagal total, bukan masalah di adonannya, karena cupcake yang kubuat adalah tipe kue buttercake yang sangat mudah pembuatannya dan ada yang bilang anti gagal, tapi kenapa aku gagal, itu karena eh karena, aku taruh adonannya langsung di cupcase yang ku letakkan berjejer di loyang besar yang biasa untuk kue kering itu loh....hmmmm...bisa ditebakkan, adonan meluber kemana-mana, hadeeeeeh..! Terus mama bilang kalau dulu mama suka buat bolu kukus, dan dia pake gelas-gelas kecil dari alumunium untuk naruh cupcasenya, baru adonannya dimasukkan, jadi ga mleber kemana-mana,..aduduuuh, si mama kenapa ga bilang sebelumnya ya..., lagian kok ga kepikiran juga yaa, yaaah maklum lah masih amatiran buangettt hehe...

Berbekal loyang yang berbentuk gelas gelas alumunium,plastik segitiga dan semprit bentuk bintang, yang kubeli dari pasar yang jauuuuh banget dari rumah, akhirnya aku bulatkan tekad untuk bikin cupcake lagi, daaaaan alhamdulillah sukses...yeee....dan lain dengan buttercake yang ga sempat aku foto, kali ini malah papaku yang saranin untuk difoto biar ada kenang-kenangannya, kata papa.
Jadilah cupcake vanilla yang diresep sebenarnya bukan vanilla tapi pandan, dan tidak memakai buttercream tapi di isi sama vla jagung. Ini dia resepnya setelah di modif

Vanilla Cupcake
source: Sajian Sedap
modified by me

Bahan:
100 gr margarin (aku pake blue band)
100 gr terigu (terigu segitiga)
65   gr gula (pake yg butirannya halus ya/gula kastor)
2 butir telur
25   gr susu bubuk (aku pakai Dancow 1 sachet)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt pasta vanilla

Cara membuat:
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil dikocok rata.
  2. Masukkan sisa tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak. Tambahkan pasta vanilla. Kocok rata.
  3. Tuang adonan di loyang cupcake yang dialas cup kertas. Tuang isi penuh.
  4. Oven dengan suhu 180 derajat Celsius 20 menit hingga matang.(dikira-kira aja krn pake otang)
Orange Buttercream
dari berbagai sumber

225 gr shortening/mentega putih kualitas baik (biar gak ngendal di lidah)
75   gr gula halus
2 sachet susu kental manis indomilk
1 sachet nutrisari

Cara membuat:
1. kocok mentega putih sampai lembut dan mengembang
2. tambahkan gula halus, kocok rata
3. tambahkan susu kental manis, kocok rata, lalu masukkan nutrisari, kocok rata.

Mamaku suka banget ma cupcake buatanku ini, terutama buttercreamnya, mama bilang kalau selama ini dia ga pernah suka sama buttercream,tapi kata mama buttercream buatanku ga eneg dan rasa orangenya bikin seger, langsung deh kpalaku ngegede 10 kali lipat hehehe.....alhamdulilah deh, walaupun masih ga karuan saat menghias cupcakenya pake buttercream hihihi......

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...