Translate

Rabu, 13 November 2013

Falling in love with Baking


Judul yg aneh..hehehe... Tapi beneran lho, dulu aku sama skali ga tertarik ma namanya bikin kue, kalau mu kue ya..beli, gitu kan. Tapi sejak aku liburan ke kampung halaman nan jauuuh dimata tapi selalu dekat di hati (lebay bgt yah^_^)Banyuwangi, yang ga tanggung-tanggung selama hampir 3 bulan itu has changed my life foreverrrrr.....emmm yah gitu lah kira-kira hehehe....

April 2013 lalu kuputuskan pulang ke Banyuwangi (BWI) dengan segenap jiwa dan ragaku(kumat lebay-nya) ma dua krucil-ku Ruby Almira Disa a.k.a Ruby and....Mezzaluna Rajwa Disa a.k.a Una, meninggalkan suamiku sendiri di batam(hihi kacian yah), sebenarnya tujuan utamanya untuk menghadiri pernikahan adik bungsuku akhir bulan Juni 2013, tapi tujuan utamanya ya liburan ma anak-anak, mumpung Ruby masih TK, nti kalau sudah SD kan dah ga bisa ambil ijin sepanjang ini, lagian di BWI juga Ruby aku sekolahkan sementara di TK dekat rumah biar tetap bisa belajar.

Ternyata libur kelamaan boring juga..akhirnya coba cari kegiatan, dan aku berencana mu masak sesuatu yang istimewa buat papa, coba browsing,dan ketemulah dengan Sajian Sedap yang lumayan lengkap resep-resep masakannya, lalu tanpa sengaja nge-klik sesuatu, kluarlah resep buttercake dasar, pikir-pikir boleh juga kalau buat kue ini untuk papa. Dengan berbekal otang (oven tangkring) dan mixer jadul mama, yang lama teronggok di gudang bersama loyang bulat bongpas(bongkar pasang) usang, aku memberanikan diri untuk membuat buttercake yang bahan-bahannya kubeli di warung dekat rumah. Karena ini pertama kalinya aku membuat kue, jadi ku baca cara pembuatannya bener-bener, daaan jadilah buttercake perdanaku. Papa sukaaa banget, juga mama dan dua krucilku,..sayang waktu itu ga ada sedikitpun niat untuk mengabadikan lewat foto. Sejak itulah aku jatuh cinta ama yang namanya dunia perbakingan sampai sekarang....

Ni dia resep dasar buttercake yang kubuat bersumber dari web Sajian Sedap

Buttercake dasar
Bahan-bahan:
 250 gram margarin
175 gram gula pasir halus
5 butir telur
225 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder


Cara Pembuatan :
  1. Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut.
  2. Tambahkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  3. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan.
  4. Tuang di loyang 18x18x7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.(pakai loyang bulat bongpas gede, jadinya kuenya pendek)
  5. Oven 15 menit dengan suhu 190 derajat Celsius. Turunkan suhunya 180 derajat Celsius. Oven lagi 25 menit sampai matang.(karena pakai otang jadi ya pinter-pinter ngira-ngira suhu dan lamanya)
Untuk 12 potong


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...