Translate

Sabtu, 23 November 2013

Bolu kukus Merekah

Bolkus adalah jajanan pasar favoritku dan juga banyak orang tentunya, tapi gak pernah sedikitpun terpikirkan olehku untuk membuat atau bahkan untuk sekedar tau resepnya. Tapiiii itukan duluuuuu.....sekarang aku penasaran banget bisa buat bolkus seperti yang biasanya suka ku beli. Banyak yang bilang buat bolkus merekah tu ga gampang, kadang-kadang cuma mesem ato bahkan mingkem. Tapi aku malah jadi makin penasaran untuk bisa bikin bolu kukus yang bisa merekah.

Berbekal resep yang kudapat dari dapur semut, dengan nekadnya aku buat bolkus ini,..ku bilang nekad karena memang dah kebelet pingin buat yang namanya bolkus merekah tapi ga punya cetakannya, padahal waktu di banyuwangi aku dah beli cetakan cupcake yang tentunya bisa buat bolkus juga, tapi apa daya gak kubawa. Akhirnya aku memberanikan diri untuk pinjam ke mama Tian, tetanggaku, syukurlah dia punya, akhirnya jadi juga bikin bolkus



Alhamdulillah untuk bolkus pertama yang pernah aku buat, bolkus buatanku lumayan merekah walaupun tidak semekar yang kulihat di dapur semut, kemungkinan dari terigu yang aku pakai, aku pakai yang protein sedang, harusnya yang protein rendah, hmmmm, lain kali pasti kucoba pake yang rendah deh, biar lebih merekah lagi. Untuk rasa, bolkus ini enak dan teksturnya lembut, aku pilih resep ini karena cairannya tidak menggunakan air soda tapi susu cair yang pastinya lebih sehat dan bergizi,..ni dia resepnya...., monggo di coba......

BOLU KUKUS PECAH MEREKAH

By Lisa basuki

Bahan :
2 btr telur ( 100 gr )
250 gr gula kastor ( atau gula biasa yang diblender )
1 sdt ( 8 gr ) emulsifier / SP
250 gr tepung terigu Kunci Biru atau tepung rendah protein lainnya (aku pakai segitiga biru)
50 gr maizena ( boleh diabaikan, tapi tambahkan tepungnya sejumlah 50 gr )
200 cc air biasa / air kelapa / susu / santan ( aku pakai susu segar )
1 sdt Essence Vanilla
2 sdm Pasta Coklat (aku pakai pewarna, ungu, merah, biru dan kuning)

Cara Membuatnya :
  • Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.
  • Panaskan kukusan (sampai beruap banyak)
  • Kocok telur, gula kastor dan emulsifier sampai kental, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian cairan sedikit demi sedikit
  • Masukkan tepung terigu dan sisa cairan berselang seling, mixer terus sampai rata
  • Ambil 1/3 bagian adonan dan beri pasta coklat/pewarna, aduk rata, sisihkan
  • Sisa adonan putih diberi essence vanilla, sisihkan.
  • Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya, penuhi sisanya berselang seling dengan adonan coklat dan putih menggunakan piping bag, sampai 7/8 tinggi paper cup
  • Kukus dalam kukusan dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.(kalau pake panci kukusan, tutup pancinya harus di lapisi pake serbet bersih biar uap airnya ga netes ke bolkusnya ya)
Good luck ya! kalau gagal, jangan menyerah, coba dan coba lagi:)

 k

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...