Translate

Jumat, 23 Mei 2014

Moist Banana Cake

Beberapa hari yang lalu beli pisang mas kesukaan Una. Sengaja belinya dibanyakin, sekalian mu buat kue pisang, soalnya Rubi gak suka makan pisang gitu aja, tapi kalo pisangnya dah jadi kue, dia yang paling  doyan, mmm....Una juga doyan sih...kalo anakku yang satu ini apa aja doyan hihihi,.....


Warna coklatnya didapat dari pemakaian gula palem, jadinya warnanya cantik ya ^_^


Untuk membuat sponge cake pisang ini aku ikut saran mbak Endang, untuk merendam telur didalam air hangat selama 2-3 menit sebelum dikocok, agar putih telurnya jadi lebih cair, sehingga telur maksimal mengembangnya saat dikocok. Alhamdulillah terbukti banget, adonan telur dan gulanya mengembang dengan sempurna walau tanpa pemakaian emulsifier. Terigunya-pun gak ku mixer ke dalam adonan telur seperti yang selama ini kulakukan untuk membuat jenis kue spoge cake. Tapi ku ayak diatas adonan telur lalu  aduk balik dengan spatula dalam 3 tahap. Jadinya adonan gak turun banyak seperti kalo di mixer. Memang sih jadi agak lama dan butuh ketelatenan dan kesabaran dalam hal aduk balik ini, tapi hasilnya memuaskan lo, coba deh.


Bisa kebayangkan rasanya dilihat dari penampilannya yang spongy 'n fluffy diatas..yup..rasanya ennakkkk, lembuut banget pas digigit, mungkin tekstur ini didapat dari pemakaian maizena, jadinya cake-nya lembut dan empuk.

Ini dia resepnya:

Moist Banana Sponge Cake
source: Jasmin's Kitchen

Bahan-bahan:
6 butir telur (rendam dg air hangat kuku slama 2-3 menit sbelum dikocok)
200 gr gula palem+50 gr gula pasir
150 gr terigu protein sedang (segitiga)
50 gr maizena
1 sdt baking powder
150 ml minyak goreng
4 pisang ambon (aku 10 pisang mas), haluskan

Cara Pembuatan:
1. Siapkan loyang bulat ukuran 22 cm, olesi margarin, alasi kertas roti, olesi margarin lagi, sisihkan.
2. Kocok dengan mixer telur, gula pasir dan gula palem hingga putih mengembang dan jambul petruk (kaku)
3. Ayak campuram maizena, terigu dan baking powder diatas adonan telur, lalu aduk balik, lakukan dalam 3 tahap, aduk balik sampai rata.
4. Masukkan minyak, aduk balik hingga benar-benar bercampur rata dengan adonan.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, hentak-hentakkan beberapa kali.
6. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan 15 menit sebelumnya. Panggang hingga matang kurleb 50-55 menit dengan suhu 180' C.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...