Translate

Rabu, 19 Februari 2014

Nasi Bakar Ayam Teri

Memang enaknya nasi bakar ini dibawa buat bekal piknik ditaman atau dipantai, berhubung bukan weekend, jadi harus puas makannya di dalam rumah aja:)

Sebenarnya aku bikin nasi bakar ala Bu Fatmah NCC ini hanya karena  penasaran dengan rasanya juga tergoda  dengan tampilannya. Abis seumur-umur belum pernah makan yang namanya  nasi bakar (kuper banget yah:). Ternyata memang enaak ya, nasinya aja sudah gurih, ditambah tumisan ayam ma teri medannya yang suedap itu, belum lagi harum daun pisang yang dibakar jadi makin lengkap deh rasanya.

Baru pertama kali ini lo aku membungkus makanan pake daun pisang, ternyata gak gampang ya.....hampir aja nyerah, soalnya jadinya amburadul, tapi setelah beberapa kali bisa juga bikin yang lumayan rapi.


Berhubung gak punya alat panggangan, jadi aku pakai rak kawat yang ada di oven itu lo yang buat naruh loyang ditengah. Jadi aku taruh rak kawat itu diatas kompor, aku nyalakan kompor dengan api yang paling kecil lalu aku letakkan bungkusan nasi bakar diatas rak kawat itu, aku bolak balik biar gak gosong, dan alhamdulilah berhasil.

Ini dia resepnya yang kulihat dari blog mbak Marisa

Nasi Bakar Ayam Teri
by Fatmah Bahalwan

Bahan Untuk Nasi:
500 gr beras, cuci tiriskan
1/2sdm garam
3 lembar daun salam
2 batang sereh, ambil bagian putihnya, geprek
600 ml santan
50 gr bawang merah, iris tipis
1 sdt  kaldu bubuk (aku gak pake)
6 sdm minyak untuk menumis
daun pisang untuk membungkus secukupnya

Bahan Tumisan
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng (kalo gak ada bisa pake teri lainnya)
3 buah bawang putih, cincang
2  buah cabe hijau iris serong
2 buah cabe merah besar, iris serong
4 buah cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang iris kasar
1 sdt garam (sesuaikan selera)
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk (gak pake)
4 sdm minyak untuk menumis

Cara pembuatan:
1. Untuk nasi: Tumis bawang merah dipanci hingga harum, masukkan santan, daun salam, sereh dan garam, masak hingga mendidih, masukkan beras, biarkan santan terserap, dan menjadi nasi aron. Pindahkan ke kukusan, kukus skitar 20 menit hingga matang.
2. Tumisan:  Tumis bawang putih hingga harum, masukkan cabe hijau, cabe  merah, cabe rawit merah dan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna, masukkan air, biarkan hingga meresap dan mengering, tambahkan teri, lalu bumbui dengan garam, dan gula, cicipi rasanya, aduk rata, tambahkan daun bawang, aduk kembali, angkat.
3.  Penyelesaian: Taruh nasi secukupnya diatas daun pisang, lalu beri tumisan ayam dan teri ditengahnya, bungkus dengan rapi, semat kedua ujungnya dengan lidi, lalu bakar, bisa diatas wajan teflon atau panggangan panas,hingga harum.

Note: Sebelum dipakai untuk membungkus daun pisangnya aku panaskan dulu diatas api kompor gas, pake api yang paling kecil sebentar aja hanya sampai daunnya brubah menjadi mengkilat dan agak layu, jadi daunnya lebih lentur dan gak gampang sobek waktu di gunakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...