Translate

Senin, 09 Desember 2013

Bolu Kukus Lapis Stroberi

Saat pertama kulihat penampilan bolu lapis ini di Sajian Sedap tadi malam, langsung deh jatuh hati, dan bertekad untuk membuatnya.

Pagi tadi  setelah Ruby sekolah aku sengaja pergi ke pasar sama Una untuk membeli stroberi karena stok stroberi di kulkas sudah gak bisa dipakai lagi alias busuk. Yaah sekalian refreshing juga sih setelah beberapa hari aku hanya bisa diam di rumah karena sakit.

Pulang dari pasar langsung deh menuju ke TKP...hehehe..dapur maksudnya. Mumpung Una lagi asik nonton kartun kesukaannya, dengan gerak cepat aku membuat kue bolu ini. Karena memang bukan perkara gampang bagi kita yang mempunyai anak balita untuk membuat kue, banyak sekali gangguannya.... hihih, jadi harus pinter curi waktu.




Waktu bolunya sudah jadi, harum stroberi memenuhi seluruh rumah. Satu potong langsung masuk mulutku.. happ...mmmm......ennnakkk. Selain enak bolu ini juga terasa asem-asem segar dari selai stroberi juga potongan buah stroberi yang ada di dalamnya. Una-pun yang sedari tadi asik nonton langsung berlari kedapur minta jatah kuenya hihihi.....

Silahkan dicoba deh, ini dia resepnya:

Bolu kukus lapis stroberi
source: Sajian Sedap

 Bahan-bahan:
4 butir telur
125 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh emulsifier (aku pakai sp)
125 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh baking powder
75 gram santan kental instan (aku pakai fresh milk)
3 tetes pewarna merah rose
1/8 sendok teh essen stroberi

Bahan Selai:
50 gram selai stroberi
25 gram stroberi segar, potong kotak
1/2 sendok makan air


Cara membuat:
  1. Selai, campur selai selai stroberi, stroberi segar, dan air. Masak sambil diaduk hingga agak kental dan stroberi sedikit layu. Dinginkan. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk perlahan bergantian dengan santan kental instan.
  3. Bagi 3 bagian. Dua bagian tambahkan pewarna merah rose dan essen stroberi. Aduk rata.
  4. Sisanya adonan tambahkan selai. Aduk asal semburat.
  5. Tuang adonan satu bagian adonan merah muda di loyang loaf 24x10x7 cm yang dialas kertas roti. Kukus 5 menit dengan api sedang. Tuang satu bagian adonan putih dengan selai. Kukus 5 menit.
  6. Tuang sisa adonan merah muda.  Kukus 15 menit sampai matang.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...