Translate

Sabtu, 27 Desember 2014

Lapis Terigu Pandan



Suka banget ma tekstur lapis ini dibanding lapis kanji atau yang tepung beras, rasanyapun enak. Jadi teringat lapis buatan nenek yang tiada duanya.

Tapi aku ngerasa lapis ini belum selembut buatan nenekku, walau dari segi rasa dah oke. Mungkin tepung sagunya harus dikurangi, atau malah terigu semuanya aja ya tanpa ada campuran tepung sagu sama sekali kayak diresep aslinya di sajian sedap, karena yang kubuat sekarang adalah modifikasi dari mbak Hesti di Hesti's Kitchen. Nanti deh kalau sudah coba lagi, pasti ku share hasil percobaannya:)


Warna lapisku agak pucat karena daun suji dan daun pandan yang kublender untuk pewarna alaminya kurang banyak. Gak tau kenapa aku gak tega terlalu banyak nyabutin daun suji yang tumbuh subur di halaman belakang rumah itu hihihi.....

Kue Lapis Terigu Pandan
source: Hesti's Kitchen

Bahan-bahan:
300 gr terigu protein sedang
75 gr tepung sagu
225 gr gula
1/2 sdt garam
825 ml santan (dari satu butir kelapa)
50 ml air daun suji (dari 30 lembar daun suji dan 3 lembar daun pandan)--->bisa diganti pasta pandan

Cara Pembuatan
1. Campur tepung terigu, tepung sagu, gula dan garam. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Saring.
2. Bagi 2 adonan. Satu adonan tambahkan air daun suji. Aduk rata.
3. Siapkan loyang 16x16x7cm, olesi tipis dengan  minyak goreng dan dialas plastik.
4. Tuang 2 sendok sayur adonan putih dan hijau bergantian, kukus 5 menit  setiap lapis adonannya, hingga adonan lapis yang terakhir, lalu kukus 30 menit. Angkat.
5. Setelah dingin potong-potong dengan benang atau plastik yang dilapisi plastik agar potongan bisa rapi.


4 komentar :

  1. Hai mba Mel..
    salam kenal ya...ternyata mba Mel tinggal di batam juga ya..di daerah mana mba? Haruna's kitchen banyak resep enak juga nih mba..wah mba Mel jago masak...ngiler lihat masakan n kue2 mba Mel..

    BalasHapus
  2. Hai juga mbak Monica, sy tinggal di daerah Sekupang mbak, di daerah Tiban tepatnya....waaah Monic's simply kitchen-nya kereeen bgt mbak, resep2nya beragam, foto-foto-nyapun oke bgt,....ijin ya mbak kalo nanti aku sering2 pake resep dr blog mbak Monica hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tinggal di tiban ya...sering juga lewat tiban mba..resep di sini juga enak2 mba..foto2nya bening, jadi ngiler..ayo mba posting lagi..biar banyak isi blog Haruna's kitchennya..he he..duh aku ngiler banget sama ayam woku n bakpao ayam yg mba mel buat..

      Hapus
  3. Mba koq bikin ini rasanya aneh lembek gitu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...