Translate

Rabu, 07 Mei 2014

Ayam Goreng Bumbu Balado

Masakan Padang sangat populer sekali di Batam. Dengan gampangnya kita bisa temukan rumah makan yang menyediakan menu masakan Padang hampir di seluruh daerah Batam, dari rumah makan kecil hingga restoran gede. Aku punya dua tempat favorit yang menurutku masakan Padangnya pas dilidahku, dan itu tempatnya agak jauh dari rumah, jadi kadang-kadang malas pergi untuk beli, padahal pingin hiks..hiks.

Ayam goreng bumbu balado adalah salah satu lauk yang sering kupesan selain dendeng balado dan rendang. Kemarin saking pinginnya, aku nekat coba untuk bikin ayam goreng bumbu balado semirip mungkin dengan yang biasa kumakan di rumah makan fav-ku.

Bumbu-bumbu dan pembuatannya sangat simpel, dan dalam waktu yang cukup singkat sepiring ayam goreng bumbu balado sudah siap diatas meja makan. Alhamdulillah rasanya mendekati, bahkan lebih enak menurutku hehehe...(PD mode on:) dan kelebihan bikin sendiri selain lebih sehat karena tanpa msg dan higienis, adalaaaa...h kita bisa makan sepuasnya hihi...



Seperti biasa tolak ukurku untuk tau masakanku enak apa enggak adalah suamiku. Berdasarkan pengamatanku (ceileee.!), kalau suamiku bilang enak tapi gak nambah bahkan makannya bersisa, berarti masakanku biasa aja atau malah gak enak. Tapi kalau bilang enak terus nambah, itu berarti masakanku emang enak dan dia suka. Dan alhamdulillah kemarin dia bilang enak terus nambah lagi sepiring, senangnya.

Bagi yang mau coba, ini dia resepnya

Ayam goreng bumbu balado

Bahan-bahan:
1/2 ekor ayam , potong 6 bagian (cuci bersih)
1 sdt garam
1/2 buah tomat ukuran besar, potong memanjang
Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya

Bumbu yang ditumbuk kasar :
15 biji cabe merah keriting (tambah cabe rawit merah jika ingin lebih pedas)
5 siung bawang merah
1 sdt garam

Bumbu lainnya:
1 sdt garam (bisa tambahkan atau kurangi sesuai selera)
1/2 sdt gula
1/4 sdt merica bubuk

Cara Pembuatan:
1. Remas-remas ayam dengan garam hingga rata, lalu goreng dengan minyak cukup banyak dengan api sedang hingga ayam matang kecoklatan. Angkat.
2. Tumis bumbu tumbuk kasar dengan 3-4 sdm minyak sisa menggoreng ayam, hingga harum.
3. bumbui dengan garam,gula dan merica, aduk rata. Cek rasa.
4. Masukkan ayam goreng, aduk rata.
5. Masukkan potongan tomat, aduk-aduk hingga tomat layu, matikan api. Sajikan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...