Translate

Sabtu, 22 Februari 2014

Klepon

Ini dia Klepon pandan tepung ketan dengan isi gula merah yang kubuat tadi sore. Klepon ini adalah salah  satu jajanan tradisional favoritku lo selain bolu kukus yang pernah kuposting disini dan putu ayu disini.


Banyak resep klepon bertebaran, tapi aku memutuskan untuk memakai resep dari blog mbak Endang yang sudah terbukti selalu sukses  kupraktekkan, seperti ayam woku belanga disini dan pampis ikan tongkol super pedas disini. Ternyata bikinnya gampang lo, gak seribet yang kukira, bahannyapun gak banyak macam.

Alhamdulillah, seperti yang  sudah kuduga hasilnya memang mantab, kleponnya lembut berbalut parutan kelapa gurih dengan kejutan rasa manis dari lelehan gula merah disetiap gigitannya hmmmm..... Una dan Ruby aja doyan, padahal baru pertama kalinya ini mereka makan klepon. Dan gak disangka, suamiku yang pemilih banget dalam hal memakan kue terutama yang manis, habis skitar 6 biji, katanya kleponnya enak, manisnya pas, alhamdulillah.

Memakan klepon ini seakan membawa kembali berjuta kenangan masa kecilku waktu masih tinggal di kampung halamanku tercinta yaitu Banyuwangi. Hiks...hiks...jadi pingin pulkam...:'(


Ini dia resepnya:

Klepon
source: blog mbak Endang (Just try and taste)

Bahan-bahan:
250 gr tepung ketan putih (aku pake rose brand)
100 ml air daun pandan, dari 100 gr daun pandan diblender dengan air 200 ml.(aku pake stengah daun pandan stengah daun suji)
100 ml santan kental hangat----> tambahkan jmlh santan menjadi 200 ml apabila tidak menggunakan air daun pandan.
2 sdt pasta pandan (aku skip)
2 sdm minyak sayur (aku pake minyak goreng)
1 sdt garam

Pelengkap:
100 gr gula merah, sisir halus untuk isian klepon.
200 gr kelapa setengah tua, diparut memanjang ditambah 1/4 sdt garam aduk rata, kukus selama 10 menit.

Cara pembuatan:
1. Campur didalam mangkuk santan kental hangat, air daun pandan, minyak sayur, garam dan pasta pandan(aku gak pake) aduk rata.
2. Tuangkan campuran santan tadi sedikit demi sedikit ke dalam wadah berisi tepung ketan,uleni hingga kalis.
3. Ambil sejumput adonan, bulatkan, lalu pipihkan di telapak tangan. Isi  dengan secuil gula merah ditengahnya. Bulatkan kembali dengan rapi. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan air di dalam panci, masukkan bulatan klepon ke dalamnya, aduk perlahan bulatan klepon dengan spatula agar adonan tidak lengket didasar panci, tunggu hingga bulatan klepon mengambang ke permukaan.
5. Ambil kelepon yang sudah mengambang dengan saringan kawat, lalu gelindingkan ke parutan kelapa hingga terbalut seluruhnya. Klepon siap disajikan.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...