Jumat, 21 Februari 2014

Buttermilk Chocolate Muffin

Sudah beberapa hari ini  gak baking,..jadi kangen (beuh..lebay). Pingin bikin sesuatu yang enak, anak-anak suka, tapi tetap syaratnya GPR (gak pake ribet) dan GPL (gak pake lama), soalnya sore ini aku ngajar.

Jatuhlah pilihanku pada buttermilk chocolate muffin-nya mbak Ricke. Seperti yang kita tau, muffin method hanya mencampurkan bahan cair dan bahan kering, tanpa membutuhkan mixer, hanya aduk-aduk sebentar, jadi deh.... .


Sudah sering sih bikin muffin, tapi selalu dapet tekstur yang keras, lembutnya cuma pas masih hangat. Yang membuat aku tertarik membuat muffin ini karena muffin ini menggunakan buttermilk sebagai salah satu bahannya. Buttermilk ini akan membuat tekstur dari kue yang kita buat menjadi lembut, empuk dan lembab. Aku sendiri sudah membuktikannya pada resep buttermilk pancake disini dan Rich and moist chocolate banana cake disini.


Jadi bisa ditebak-kan tekstur dari buttermilk chocolate muffin ini, bisa dilihat deh dari foto diatas. Apalagi ditambah dengan rasa coklat yang dihasilkan dari dark cooking chocolate yang cukup banyak kuantitasnya. Hmmmm......enyakkkk....empuk, lembutt and nyoklaaat banget.

Anak-anak suka, malah aku yang stres. Ya.... stress mbersihin remah-remahnya yang berceceran dimana-mana hiks..hiks. Tapi tetep seneng muffinnya laris manis. Padahal rencananya mau tau kalau muffinnya dibesokkin apa masih empuk, tapi  gak sampe besok muffinnya dah raib, dicamilin anak-anak, yaaah mamanya juga sih hehehe....

Ini dia resepnya:

Buttermilk chocolate muffin
source: blog mbak Ricke

Bahan-bahan:
100 gr mentega--->akupake margarin
125 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
100 ml buttermilk (100 ml susu cair hangatkan sbentar lalu beri 1 sdt air jeruk nipis, tunggu 10-15 menit hingga susu menggumpal, homemade buttermilk siap dipakai)
2 butir telur, kocok lepas
175 gr terigu---->pake segitiga
15 gr coklat bubuk--->pake bendico
100-120 gr gula pasir yang butiran kecil/gula yang diblender halus, biar cepat tercampur.
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue/baking soda
100 gr chocolate chip--->gak pake

Cara membuat :
1. Panaskan oven 200'C, siapkan loyang muffin, alasi paper cup. Sisihkan.
2. Panaskan diatas panci margarin dan DCC, aduk hingga margarin dan DCC meleleh  sebagian, matikan api, aduk-aduk hingga lumer dan tercampur rata dengan margarin. masukkan buttermilk, aduk rata. tunggu hingga agak dingin,masukkan telur, aduk rata. Sisihkan.
3. Ayak di wadah, terigu, coklat bubuk ,baking powder dan baking soda. Masukkan gula pasir, aduk rata.
4. Masukkan campuran buttermilk ke campuran terigu, aduk hingga tercampur, tidak perlu sampai licin, hanya sampai bahan kering menjadi basah, tidak apa-apa bila adonannya sedikit bergerindil. Kalau diaduk sampai licin tekstur muffin yang dihasilkan akan keras.
5. Tuang ke cupcase 3/4 cup aja,biar tidak meluber.
6. Masukkan ke oven, dengan panas 200'C selama 15 menit hingga adonan naik, lalu turunkan ke suhu 180'C selama 10 menit. ---->pake oven tangkring (otang) jadi kira-kira aja panasnya.
7. Keluarkan dari oven, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar